Direktur Utama Pupuk Indonesia Niaga, Trudo HD, turut hadir dalam acara peresmian Agro Tech Center (ATC) dan Pabrik Phonska Cair bersamaan dengan panen melon yang diselenggarakan di lahan percobaan Petrokimia Gresik, pada 19 Juli 2024.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia (Persero) beserta Direktur Utama Pupuk Indonesia Grup.

Agro Tech Center yang diresmikan ini menempati area seluas 7.656 m2 dan akan menjadi kawasan pusat penelitian bagi Petrokimia Gresik dalam mengembangkan dan menciptakan inovasi di bidang pertanian.

Agro Tech Center sendiri memiliki lahan percobaan yang digunakan untuk penanaman melon, lahan percobaan ini merupakan bagian dari program inovasi Petrokimia Gresik yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan penggunaan teknologi dan produk-produk yang ramah lingkungan.

Selain itu juga ada area pembibitan tanaman dan penelitian budidaya pertanian. Screen house atau Rumah kaca untuk penelitian budidaya tanaman dengan kondisi terkontrol, serta Indoor farming system yaitu sistem ini budidaya tanaman di dalam ruangan dengan teknologi hidroponik dan aeroponik.

Kegiatan peresmian Agro Tech Center dan panen melon di lahan percobaan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk mengadopsi teknologi pertanian yang lebih maju, sehingga mampu meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani secara keseluruhan.